Minggu, 17 Maret 2013

Pengalaman membuat sistem informasi


Sistem informasi adalah sistem yang menyediakan informasi yang bermanfaat bagi penggunanya dan menghasilkan informasi yang  akurat serta relevan. Teknologi informasi bukan hanya berupa computer,tetapi  seperti telepon, televisi dan ponsel. Beberapa waktu yang lalu sudah banyak software untuk ponsel cerdas seperti iphone,blackberry,symbian dan sebagainya. Android terasa begitu special dengan platformnya yang open source.  Saya tertarik dengan Android karena android mempunyai banyak kelebihan yaitu kualitas dari grafis dan suaranya tinggi,berjalan pada hardware masa kini dan mendatang.

Ini adalah pengalaman  saya dalam pengembangan sistem informasi . Pada pengalaman  ini ,saya membuat sebuah program sederhana yang ditujukan untuk ponsel android. Program yang saya buat adalah program menghitung luas lingkaran dan luas segitiga. Program ini ditulis dengan bahasa java dan saya menggunakan eclipse sebagai IDEnya. Eclipse adalah sebuah ide untuk mengembangkan software dan dapat dijalankan di semua platform. Selain itu,diperlukan juga java development kit 5 atau JDK 6, Android development Tools dan Android SDK sebagai aplikasi pengembangan yang dibutuhkan. Selain java, Eclipse juga mendukung aplikasi berbasis bahasa program lainnya seperti c/c++, python,cobol dan sebagainya. IDE Eclipse ini gratis dan open source serta dapat dikembangkan oleh pengguna.  Ini adalah output dari program yang saya buat :



Anda juga dapat menjalankan atau mengetes program yang telah dibuat langsung pada emulator (Android Virtual Device). Program yang telah dibuat juga dapat dihubungkan langsung ke smartphone android dengan dihubungkan ke computer. Kemampuan saya dalam membuat program masih sangat minim,Saya masih harus banyak belajar dan butuh bimbingan agar kedepannya saya bisa membuat aplikasi yang bermanfaat bagi banyak orang. Sekian pengalaman saya dalam pembuatan program sederhana ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar