Senin, 31 Maret 2014

3 Tips Olahraga Angkat Beban Bagi Pemula


Olahraga angkat beban tidak hanya milik para binaragawan atau orang-orang berotot saja. Pria dan wanita yang ingin menambah atau mengurangi berat badan bisa melakukan olahraga ini untuk membentuk otot mereka.
Bila Anda ingin mulai melakukan olahraga ini di tempat fitness tapi merasa ragu atau kuatir, berikut tips dari seorang pelatih fitness Neghar Fonooni di Santa Monica, Amerika  Serikat (AS) supaya kita terhindar dari cedera:
1. Mulailah dengan beban ringan
Mulailah gerakan-gerakan olahraga dengan beban yang ringan yang memampukan Anda bergerak bebas. Kebanyakan klien Fonooni mulai olahraga ini dengan dumbbell seberat 6-9 kg dan barbell seberat 20 kg. Anda bisa mulai dengan yang lebih ringan. Anda bisa melangkah ke tahap yang lebih sulit bila Anda bisa melakukan repetisi lebih banyak dengan mudah.
2. Lakukan dengan benar
Fokus untuk para pemula adalah bagaimana melakukan gerakan-gerakan yang ada dengan benar dan bukan pada berat alat yang dipakai. Bila Anda masih bingung bagaimana melakukan gerakan-gerakan tertentu, bertanyalah pada seorang ahli. Gerakan yang benar seharusnya:
-Terlihat mudah, dan bukannya tidak nyaman. Mereka seharusnya tidak perlu bantuan orang lain saat melakukannya.
-Tidak melukai diri sendiri. Rasa capek atau pegal yang dialami setelah berolahraga tidak sama dengan luka. Bila kita terluka maka berarti ada yang salah dengan gerakan kita.
-Sesuai dengan gerak alami tubuh. Jika Anda tidak bisa melakukan gerakan tertentu, bisa jadi Anda memiliki masalah gerakan atau mobilitas (fleksor pinggul yang tegang, misalnya).
3.Perhatikan keaadan sekitar
Perhatikan kondisi di sekitar Anda saat Anda berolahraga di tempat fitness. Fonooni seringkali melihat bahwa orang tidak waspada dengan kondisi sekitar sehingga menabrak atau menyenggol orang lain yang sedang berolahraga, tersandung sebuah peralatan, melukai kepala saat berbaring dll.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar