Jumat, 04 April 2014

GLOBALISASI

Pengertian Globalisasi secara bahasa, para ahli dan singkat .
Pengertian Globalisasi menurut bahasa adalah Global dan sasi, Global adalah mendunia, dan Sasi adalah Proses, jadi apabila pengertian Globalisasi menurut ahasa ini di gabungkan menjadi "Proses sesuatu yang mendunia"
Adapun pengertian Globalisasi menurut para ahli, antara lain :

  • Thomas L. Friedman : Globalisasi memiliki dimensi idiology dan tekhnologi. Dimensi tekhnologi yaitu kapitalisme dan pasar bebas, sedangkan dimensi tekhnologi adalah tekhnologi informasi yang telah menyatukan dunia.
  • Malcom Waters : Globalisasi adalah sebuah proses sosial yang berakibat bahwa pembatasan geografis pada keadaan sosial budaya menjadi kurang penting, yang terjelma didalam kesadaran orang.
  • Emanuel Ritcher : Globalisasi adalah jaringan kerja global secara bersamaan menyatukan masyarakat yang sebelumnya terpencar - pencar dan terisolasi kedalam saling ketergantungan dan persatuan dunia.
  • Achmad Suparman : Globalisasi adalah sebuah proses menjadikan sesuatu benda atau perilaku sebagai ciri dan setiap individu di dunia ini tampa dibatasi oleh wilayah.
  • Martin Albrown : Globalisasi menyangkut seluruh proses dimana penduduk dunia terhubung ke dalam komunitas dunia tunggal, komunitas global.
Dari keterangan di atas, dapat di simpulkan bahwa pengertian Globalisasi secara singkat adalah " Sebuah proses dimana antar individu / kelompok menghasilkan suatu pengaruh terhadap dunia "

Tahapan proses terjadinya globalisasi antara lain :

  1. Diri sendiri
  2. Keluarga
  3. Masyarakat, diantaranya RT, RW, Kelurahan, Kecamatan, Kota, Kabupaten, Provinsi, Pulau, Negara tersebut, dan Antar negara.
  4. Sehingga mendunia.

Sebab - sebab terjadinya Globalisasi, diantaranya :
  1. Berkembangnya cara berpikir dan semakin majunya pendidikan.
  2. kemajuan ilmu pengetahuan dan tekhnologi.
  3. Penemuan sarana komunikasi yang semakin canggih.
  4. Perkembangan HAM.
  5. Adanya informasi - informasi baru.
Alasan Globalisasi tidak bisa di hindari.
Globalisasi tidak bisa di hindari karena hidup itu terus berkembang tidak mungkin diam saja, dan pasti menghasilkan suatu pengaruh / perubahan. Mau tidak mau Globalisasi pun akan terus berkembang mengikuti  Zaman tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar