Minggu, 20 Oktober 2013

(Tugas Softskill) Paket Internet di Afsel Rp9,2 Juta per Bulan

detail berita

CALIFORNIA - Mobile data telah digunakan oleh setengah penduduk bumi selama lima tahun belakangan. Jaringan 3G dan 4G sudah dapat diakses di beberapa negara, namun biaya yang dikenakan berbeda-beda di tiap negara.

Seperti dilansir dari Gizmodo, Selasa (8/10/2013), Perserikatan Telekomunikasi Internasional (ITU) mengungkapkan daftar harga yang berbeda-beda per 500MB data yang digunakan. Dari penelitian tersebut menyingkap, semakin maju sebuah negara, semakin murah biaya yang dikenakan untuk mendapatkan jaringan.

Mobile data internet di Austria cukup murah dengan hanya membanderol Rp54 ribu per 500MB data 3G ataupun 4G setiap bulannya. Namun perbedaan terlihat signifikan di Amerika Serikat yang membebankan biaya sekira Rp980 ribu per 500MB data. Tak usah heran, biaya ini termasuk dalam cicilan sebuah ponsel. Sedangkan harga smartphone di AS terbilang murah.

Yang paling mahal terdapat di wilayah Afrika Selatan di mana harga 500MB data dibanderol sekira Rp9,2 juta per bulannya. Hal ini dikarenakan infrastruktur yang tak memadai di wilayah Afrika.

Namun yang lebih mencengangkan lagi dari temuan ITU adalah di Jepang dan Korea. Negara bunga sakura dan negeri ginseng itu tak tercatat menggunakan mobile data, padahal Jepang dan Korea terkenal dengan internet yang super cepat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar