Rabu, 15 Mei 2013

"F1 Bukan Lagi Balapan, tapi Sudah Jadi Kompetisi Manajemen Ban"


Madrid - Penilaian miring terhadap balapan F1 saat ini dilontarkan oleh Dietrich Mateschitz, pemilik Red Bull, usai GP Spanyol. Ia menyebut balapan kini bukan soal adu cepat mobil, tapi kompetisi melakukan manajemen ban.

Aspek strategi memegang peranan penting dalam balapan di Catalunya akhir pekan lalu. Hal ini utamanya adalah akibat faktor ausnya ban, yang membuat sejumlah pebalap terpaksa melakukan empat pitstop dalam balapan.

Setelahnya Direktur Motorsport Pirelli Paul Hembery mengakui pihaknya mungkin akan melakukan perubahan terkait ban dalam GP Inggris Raya akhir Juni nanti.

Akan tetapi, sejumlah pihak rupanya sudah kadung kesal. Mateschitz adalah salah satunya. "Semua orang tahu apa yang terjadi di sini," katanya seperti dikutip Planet F1.

"Ini tak ada hubungannya lagi dengan balapan. Ini adalah kompetisi melakukan manajemen ban," sergahnya. "Mobil balap berbeda. Tak ada lagi kualifikasi sejati dan bertarung mengejar pole, karena semua memilih untuk menyimpan ban buat balapan."

Pirelli memang sudah ditugasi untuk membuat racikan ban guna membuat balapan F1 jadi lebih menarik, tetapi menurut Mateschitz, Pirelli sudah melangkah terlalu jauh.

"Ya, targetnya adalah membuat balapan jadi lebih seru dengan lebih banyak berhenti untuk mengganti ban, tapi tidak sebanyak itu. Ini sudah berbeda dari tujuan awalnya," kritiknya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar