Rabu, 15 Mei 2013

Statistik Unggulkan 'Si Biru' atas 'Si Elang'


Amsterdam - Final Liga Europa akan mempertemukan Chelsea dan Benfica di Amsterdam ArenA. Catatan statistik menunjukkan The Blues punya kecenderungan menang lebih besar.

Sejak turun kasta dari Liga Champions Februari kemarin, kedua tim telah menjalani delapan pertandingan di Liga Europa. Benfica baru kalah sekali dan seri sekali, sedangkan Chelsea sedikit lebih tertinggal, kalah dua kali dan seri sekali.

Kendati demikian, "Si Biru" memiliki rekor bagus menghadapi tim-tim asal Portugal. Sebaliknya, Aguias (Si Elang) sering sial saat bertemu tim-tim dari Inggris.

Berikut statistik kedua tim berdasarkan situs Opta:

- Final ini merupakan final Eropa kesembilan Benfica. Setelah memenangi dua yang pertama (final Piala Eropa 1960/1961 dan 1961/1962) mereka kalah di enam final lainnya.

- Chelsea akan menjalani final Eropa kelimanya. Mereka memenangi tiga di antaranya, termasuk Liga Champions musim lalu.

- Kedua tim baru bertemu dua kali sebelumnya, pada Maret dan April musim lalu di Liga Champions. Chelsea memenangi keduanya dengan skor 2-1 di kandang dan 1-0 di Estadio Da Luz.

- Tiga dari empat pencetak gol di pertandingan tersebut, Salomon Kalou dan Raul Meireless (Chelsea) serta Javi Garcia (Benfica), tidak lagi memperkuat dua finalis saat ini. Hanya Frank Lampard yang masih bertahan.

The Super Eagles pernah bertemu lawan dari Inggris sebelumnya di final Eropa, ketika mereka dikalahkan Manchester United 1-4 di Wembley pada tahun 1968.

- Chelsea menderita hanya satu kekalahan dari delapan pertemuannya dengan lawan dari Portugal sebelumnya. Memenangi enam (termasuk lima pertandingan terakhir) dan hanya seri sekali.

- Chelsea hanya kebobolan satu gol dalam empat pertandingan terakhir mereka melawan tim Portugal.

- Benfica baru meraih satu kemenangan dalam tujuh pertandingan terakhir melawan tim Inggris, yakni saat mengalahkan Newcastle United 3-1 di Saint James Park pada April 2013.

- Di kompetisi Eropa musim ini (tidak termasuk kualifikasi), hanya Zlatan Ibrahimovic (7) yang memiliki jumlah assist daripada Juan Mata (6).

- Victor Moses selalu mencetak gol di empat pertandingan terakhir di Liga Europa.

- Striker Benfica, Oscar Cardozo, telah mencetak lima gol dari lima pertandingan terakhirnya di Liga Europa.

- Enam dari delapan gol terakhir Chelsea di Liga Europa dilesakkan setelah jeda babak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar